Tahun 2022, Bantaeng berhasil meloloskan dua inovasi Finalis Top 99 Inovasi Pelayanan Publik pada ajang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Nasional tahun 2022. Inovasi tersebut adalah Raja Smile dan Saskia PD.

Saskia Peduli Disabilitas adalah salah satu inovasi Kab. Bantaeng yang lolos pada inovasi Saskia PD adalah hasil replikasi dari inovasi Bendera Saskia yang sebelumnya lolos sebagai Finalis Top 45 KIPP Nasional tahun 2020, namun dikembangkan dengan layanan yang lebih fokus penanganan disabilitas.

Inovasi dari Puskesmas Baruga, Kec. Pajukukang ini dilakukan tak hanya berupa pemasangan bendera untuk memudahkan petugas dalam pelayanan pada penyandang disabilitas, tapi juga berupa pelibatan berbagai pihak dalam bentuk kerja sama guna memberikan dukungan pada penyandang disabilitas yang berada dalam wilayah kerja Puskesmas Baruga, Kec. Pajukukkang.

“Saskia PD, selain singkatan dari Peduli Disabilitas juga bisa berarti sebuah upaya agar saudara-saudara kita penyandang disabilitas bisa pede, percaya diri, dengan segala kemampuannya. Kami sangat berterima kasih pada Bapak Bupati dan semua pihak yang telah mendukung inovasi ini” ungkap H.A.Nurwahidah,SKM, M.Kes.

Saskia PD telah menjalin kerja sama dengan Balai Latihan Kerja Kab. Bantaeng dalam pelatihan keterampilan hidup bagi penyandang disabilitas. Juga, bekerjasama dengan Kejaksaan Republik Indonesia (Kajari) Bantaeng dalam hal perlindungan hukum dan advokasi bagi penyandang disabilitas.

Inovasi ini juga menjalin kerjasama dengan PT Huadi melalui penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara Puskesmas Baruga dengan PT Huadi, 27 Juni 2022, yang disaksikan oleh Bupati Bantaeng, Dr. Ilham Syah Azikin, M.Si. Bupati Bantaeng, menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya pada Puskesmas Baruga dan semua pihak yang mendukung program ini.

“Inovasi ini lahir untuk mengangkat harkat dan derajat saudara-saudara kita penyandang disabilitas untuk tetap produktif dalam kehidupan sehari-harinya. Oleh karenanya inovasi memerlukan kerja sama dan melibatkan berbagai pihak seperti BLK dan perusahaan yang ada di Bantaeng.” Kata Bupati Bantaeng dalam kunjungannya ke Puskesmas Baruga, 27 Juni 2022.

PT Huadi memberikan dukungan, upaya pemberdayaan dan peningkatan kapasitas, penggerakan masyarakat di bidang kesehatan melalui peningkatan kesadaran, kemauan dan kemampuan masyarakat. PT Huadi juga memberikan dukungan serupa pada inovasi Gembira Menyambut Persalinan Ta’ (Gempita) dan Sehat Dengan Germas (SDGs).

Kepedulian PT Huadi pada penyandang disabilitas juga berupa pemberian kesempatan kerja yang sama pada penyandang disabilitas, yaitu pada Daeng Makka (42 tahun). Daeng Makka adalah penyandang disabilitas fisik yang telah bekerja selama empat tahun dan kini sudah berstatus karyawan tetap PT Huadi.