Huadi terus berupaya melakukan pelatihan dalam rangka peningkatan kapasitas karyawan. Kembali PT Huadi menggelar Pelatihan Softskill: Membangun Mentalitas Positif yang berlangsung selama tiga hari, 24 – 26 Juni 2022 bertempat di Akademi Komunitas Industri Manufaktur dan Balai Latihan Kerja Bantaeng.

Pada kegiatan serupa yang berlangsung sebelumnya pada tanggal 13 – 15 Juni melibatkan 90 karyawan level leader dan supervisor, maka pada kegiatan kali ini melibatkan 1500 karyawan. Pelatihan berlangsung selama tiga hari di mana setiap hari diikuti oleh 500 peserta berbeda.

Manager HRD PT. Huadi Andi Adrianti Latippa, memaparkan tujuan dari pelatihan ini adalah untuk membangun mentalitas positif bagi karyawan, penyegaran bagi seluruh karyawan agar wawasan lebih terbuka dan berkembang dan untuk mendorong produktifitas, disiplin dan membentuk attitude yang baik menuju kemakmuran bersama.

“Kami upayakan pelatihan ini menjadi agenda tahunan dengan program yang memberikan penguatan kapasitas, disiplin dan peningkatan kompetensi karyawan” terang Andi Adrianti Latippa.

Pelatihan ini kembali menghadirkan Pengawas Ketenagakerjaan Provinsi Sulsel  yang membawakan materi Dasar – Dasar Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Ada pula materi Mentalitas Kerja dan Etika dan Kedisiplinan yang dibawakan oleh Forum HR, Harmonisasi Hubungan Industrial oleh Mediator HI – Disnaker Bantaeng.

“Saya berharap kualitas sumber daya manusia pekerja meningkat karena sangat menentukan situasi kerja dan bisa meminimalisir resiko-resiko atau dampak yang tidak kita harapkan, misalnya terjadi kecelakaan kerja atau penyakit akibat kerja” ungkap Andi Syukri, Pengawas Ketenagakerjaan Provinsi Sulsel  Wilayah IV yang mengisi pelatihan ini sebagai pemateri.

Lebih jauh, Andi Syukri, menjelaskan bahwa dampak – dampak dan resiko di tempat kerja ini bisa diminimalisir ketika para pekerja memiliki pemahaman terkait penerapan aspek – aspek K3. Demikian pula karyawan mampu memahami, memiliki dan menerapkan hubungan industrial dan mentalitas serta semangat kerja sehingga menciptakan lingkungan dan suasana kerja yang kondusif.

Selain menambah pengetahuan, hasil pelatihan diharapkan dapat diterapkan langsung oleh karyawan semisal dalam hal pemahaman dasar – dasar K3 yang tentunya dapat mengurangi angka kecelakaan kerja sebab karyawan sudah memahami bagaimana pencegahan dan penanganan hal-hal yang dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan kerja.

Abdul Haris dari Forum HRD Sulsel menyatakan bahwa kehadirian Forum HRD adalah sebagai bentuk dukungan kepada perusahaan – perusahaan di Sulsel, dalam hal ini PT Huadi, dalam hal pengembangan sumber daya manusia (SDM), terutama dalam pengembangan softskill. Forum HRD Sulsel berharap agar SDM yang ada di Huadi bisa diandalkan perusahaan dan menjadi solusi atas persoalan – persoalan yang dihadapi perusahaan,

“Kami berharap teman – teman memiliki awareness bahwa bekerja itu memiliki alasan yang jelas. Kedua, untuk perusahaan, kegiatan ini bisa dilangsungkan secara regular sehingga pengembangan SDM yang ada bisa berkelanjutan dan berdampak. Harus dilaksanakan berkelanjutan.” Ungkap Abdul Haris.

Para peserta terlihat antusias mengikuti pelatihan. Salah satu peserta, Aznur Multazam, S.Sos mengungkapkan bahwa adanya pelatihan softskill ini bisa menambah wawasan serta ilmu karyawan yang dapat mereka implemantasikan langsung di lapangan.

“Kami sangat senang bisa mengikuti pelatihan ini karena diisi pemateri – pemateri yang handal juga pembawaan materinya yang mudah dipahami. Harapannya semoga kedepan karyawan PT. Huadi mentalnya lebih terbentuk lagi, dan tetap menjaga hubungan kerja agar tetap harmonis serta tetap menjaga safety dalam bekerja”. Ungkap Aznur, karyawan yang bertugas di Central Control Room/HoistCrane lantai 5 Huadi Yatai.

Frietz Crismanto Perdana, karyawan bagian IT yang mengikuti pelatihan ini juga mengungkapkan bahwa pelatihan ini berdampak positif bagi karyawan dalam membangun karakter dan akhlak mereka, juga memotivasi karyawan untuk bekerja lebih baik lagi.

“Saya juga berharap akan ada kegiatan seperti ini lagi, mungkin setahun sekali atau beberapa bulan sekali. Terima kasih untuk perusahaan yang telah mengadakan kegiatan ini untuk kami” tutup Frietz.