Bidan: Solusi Penting dalam Perubahan Iklim

By Wadi Niki In Berita

Bidan adalah garda terdepan dalam memberikan asuhan kesehatan yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. Mereka memastikan bahwa setiap kelahiran adalah aman, sehat, dan berdampak minimal terhadap lingkungan kita.

Hari Bidan Sedunia pertama kali diperingati pada tahun 1992, setelah ide tersebut diajukan oleh delegasi Australia dan dibahas dalam Kongres Bidan Internasional pada tahun 1987. Sejak itu, tanggal 5 Mei menjadi simbol pengakuan atas pekerjaan penting bidan di seluruh dunia.

Peringatan ini bukan hanya seremonial, tetapi juga menjadi momentum untuk mengevaluasi dan meningkatkan standar kualitas bidan. Profesi bidan telah mengalami transformasi signifikan dari praktik yang dulu sering dikaitkan dengan kepercayaan takhayul, menjadi profesi dengan tingkat kompetensi yang setara dengan dokter spesialis obstetri dan ginekologi.

Tahun 2024 menandai fokus pada peran bidan dalam menghadapi perubahan iklim. Konfederasi Bidan Internasional mengakui bahwa bidan adalah solusi penting dalam mengadaptasi sistem kesehatan terhadap perubahan iklim dan menurunkan emisi karbon secara keseluruhan. Bidan memberikan pelayanan kesehatan yang aman dan ramah lingkungan serta menjadi responden pertama ketika terjadi bencana iklim.

Tema Hari Bidan Sedunia tahun ini, ‘Bidan: Solusi Penting dalam Perubahan Iklim’, kita diingatkan bahwa bidan tidak hanya berperan penting dalam memberikan asuhan kesehatan reproduksi, tetapi juga dalam merespons tantangan perubahan iklim.

Model pelayanan kebidanan yang ramah lingkungan menunjukkan bahwa kesinambungan pelayanan bidan memberikan hasil yang optimal dan aman dengan menggunakan lebih sedikit sumber daya, sehingga mengurangi limbah medis dan jejak ekologis.

Mari kita dukung bidan dalam upaya mereka untuk melindungi ibu dan bayi dari dampak perubahan iklim. Kita bisa mulai dengan mengurangi jejak karbon kita, mendukung energi terbarukan, dan mendorong praktek ramah lingkungan di fasilitas kesehatan.

Terima kasih kepada semua bidan yang telah berdedikasi dalam pekerjaan mereka. Kalian adalah pahlawan sejati!

#HariBidanInternasional
#BidanDanPerubahanIklim
#huadipeduli
#huadiindonesia
#huadigroupbantaeng
#tumbuhbersama

Leave a reply

five × 3 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.