Deklarasi KIBA Bersih Narkoba & Aksi Donor Darah

By Wadi Niki In Berita

21

Jul
2023

Sebagai bentuk komitmen dan keseriusan untuk mewujudkan Kawasan Industri Bantaeng Bersih Narkoba (KIBA Bersinar), PT Bantaeng Sinergi Cemerlang (Perseroda) selaku pengelola KIBA, bersama Huadi Grup dan Pemerintah Kabupaten Bantaeng, menggelar Deklarasi KIBA Bersinar. Kegiatan ini berlangsung Kamis, 20 Juli 2023 di pelataran parkir KIBA.

Bupati Bantaeng dalam sambutannya mengatakan, deklarasi Kawasan Industri Bersih Narkoba merupakan gambaran dari sinegritas pemecahan persoalan narkoba di Kabupaten Bantaeng, Kawasan Industri Bantaeng (KIBA) yang terdapat perusahaan dengan ribuan pekerja. Bagi Ilham Azikin, deklarasi KIBA Bersih Narkoba merupakan titik awal atau starting point upaya pencegahan dan pemberantasan narkoba di Kabupaten Bantaeng.

“Kita bergandengan tangan hari ini menjadi bagian dari upaya menjaga daerah yang kita cintai dari narkoba.” kata Ilham Azikin

Selanjutnya, dia mengatakan, sewaktu-waktu akan dilakukan pengecekan, olehnya itu dia berharap dukungan dari kepolisian dan BNN. “Jika sewaktu-waktu ada pekerja yang ditemukan terpapar narkoba, maka tidak ada diskusi untuk kita pertahankan, kita bergandengan tangan hari ini menjadi bagian dari upaya menjaga daerah yang kita cintai dari narkoba,” kata dia.

Hadir pula dalam Deklarasi KIBa Bersinar ini Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi Sulsel (BNNP Sulsel) Brigjen Ghiri Prawijaya, Dir. Reserse Narkoba Polda Sulsel Kombes Pol. Dodi Rahmawan, S.I.K., M.H., Tim Pencegahan P2M  BNN Prov. Sulsel, Direktur PT Bantaeng Sinergi Cemerlang (Perseroda) Tony M Pahlevi, beserta undangan lainnya.

Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi Sulsel (BNNP Sulsel) Brigjen Ghiri Prawijaya dalam sambutannya mengungkapkan, bahwa setiap tahun BNN Sulsel menyita narkotika sebanyak 89 sampai 120 kilogram.

“Kalau kami rata-ratakan setiap tahun itu 100.000 gram dan setiap satu gram untuk lima kali pemakaian sehingga bisa dipastikan kalau setiap tahun itu 100.000 gram maka kami menangkap untuk 500.000 kali pemakaian,” kata dia.

Dia mengungkapkan, sasaran dari pengedar narkoba salah satunya adalah kawasan industri karena melihat adanya pertumbuhan ekonomi.

Sementara itu, Direktur PT Bantaeng Sinergi Cemerlang (Basic) Perseroda Tony M Pahlevi mengucapkan terimakasih atas partisipasi BNN dan Pemerintah Kabupaten Bantaeng dalam rangka deklarasi KIBa bersih narkoba. KIBa adalah salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) dari Presiden sesuai dengan Peraturan Presiden nomor 109 Tahun 2020 dan KIBa berada dalam proyek strategis nasional untuk kawasan industri di Sulsel.

Dalam deklarasi ini diadakan pula pembacaan Ikrar Anti Narkoba oleh Ketua KNPI Bantaeng dan Penandatanganan Kesepakatan Bersama Kawasan Anti Narkoba.

Deklarasi KIBA Bersih Narkoba ini disertai dengan aksi donor darah dengan dukungan dari RS. Anwar Makkatutu. Donor darah ini terbuka untuk umum dan karyawan Huadi. Melalui aksi donor darah ini terkumpul 100 lebih kantong darah.

“Kami mengapresiasi dan berterima kasih pada Huadi yang telah melaksakan donor darah ini. Semoga bisa memberi manfaat bagi orang banyak. Kami juga berharap kegiatan ini rutin dilakukan minimal 3 bulan sekali” dr. Syahid Gunawan, Kepala Unit Transfusi Darah RS. Anwar Makkatutu.

Salah satu karyawan Huadi mengungkapkan rasa terima kasihnya atas terselenggaranya kegiatan donor darah ini. “Kami sangat senang dengan adanya kegiatan donor darah di lingkungan Huadi karena memberikan manfaat tidak hanya pada diri sendiri, namun juga kepada seluruh orang yang membutuhkan. Juga memberikan kesempatan kepada karyawan untuk mendonorkan darahnya tanpa harus ke rumah sakit atau ke tempat lainnya.” Ungkap Anti, karyawan Kantin 1 Huadi.

Panitia pelaksana juga menyediakan puluhan hadiah berupa Handphone, TWS, Smart Band dan Power Bank bagi pendonor yang beruntung.

Leave a reply

15 − 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.