Dirgahayu KOSTRAD: ‘Petarung Militan Penjaga Kedaulatan NKRI’

By Wadi Niki In Berita

Pada tanggal 6 Maret 2024, Komando Cadangan Strategis TNI Angkatan Darat (KOSTRAD) merayakan ulang tahunnya yang ke-63. Momentum ini mengingatkan kita pada peran penting KOSTRAD sebagai garda terdepan dalam mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Sejarah KOSTRAD bermula pada 6 Maret 1961, ketika Cadangan Umum Angkatan Darat (CADUAD) diresmikan. Saat itu, Mayjen TNI Soeharto menjabat sebagai Panglima KORRA I CADUAD, dan Brigjen TNI Ahmad Wiranata Kusuma sebagai kepala stafnya. Pada saat yang sama, Mayjen TNI Soeharto mengusulkan pembentukan pasukan cadangan strategis, yang akhirnya disetujui. Berdasarkan Skep Kasad No: KPTS 178/2/1963 tertanggal 19 Februari 1963, KORRA I CADUAD resmi menjadi KOSTRAD.

KOSTRAD memiliki tugas pokok melaksanakan operasi militer baik secara mandiri maupun dalam operasi gabungan untuk mempertahankan NKRI. Pada awalnya, KOSTRAD telah membuktikan keberhasilannya dalam operasi militer di Irian Barat. Sebagai Komando Utama, KOSTRAD memiliki tanggung jawab besar dalam menjaga keamanan dan kedaulatan negara.

Peringatan HUT ke-63 KOSTRAD tahun 2024 mengusung tema “Petarung Militan Penjaga Kedaulatan NKRI.” Tema ini mencerminkan semangat juang dan komitmen KOSTRAD dalam menjaga integritas dan keutuhan NKRI. Para prajurit KOSTRAD terus berlatih, berjuang, dan siap menghadapi tantangan demi keamanan bangsa.

Prestasi para prajurit KOSTRAD juga patut diperhitungkan. Contohnya, Prada Luthy Ilham Julian dari Yonarmed 13 Nanggala berhasil meraih prestasi terbaik dalam Tournament Internasional Piala Kasal Cup III 2024. Begitu pula dengan atlet lari dari Divisi Infanteri 1 KOSTRAD yang berhasil meraih juara dalam berbagai event lari, seperti “Dash Sport Run 2024 Kelapa Gading”.

Selamat Hari Kostrad ke 63 untuk ayah/kakak/teman/sahabat yang bertugas di Kostrad. Semoga Kostrad selalu menjadi kekuatan yang tangguh dan terpercaya dalam menjaga keamanan negara.

#DirgahayuKostrad
#HuadiPeduli
#HuadiGroupBantaeng
#HuadiIndonesia
#TumbuhBersama

Leave a reply

eight + twenty =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.