Hardiknas: ‘Bergerak Bersama Menuju Merdeka Belajar’

By Wadi Niki In Berita

Setiap tanggal 2 Mei, Indonesia memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), sebuah hari yang penting bagi bangsa ini untuk mengenang dan merayakan pendidikan nasional.

Hardiknas ditetapkan untuk menghormati Ki Hajar Dewantara, yang lahir pada tanggal 2 Mei 1889 dan dijuluki sebagai Bapak Pendidikan Indonesia. Beliau adalah sosok yang berperan penting dalam perjuangan pendidikan di Indonesia, terutama dengan filosofi “Tut Wuri Handayani” yang menginspirasi banyak generasi.

Tema Hardiknas tahun 2024 adalah “Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar”. Ini adalah ajakan untuk semua elemen bangsa, dari siswa hingga pemerintah, untuk bersama-sama mendorong perubahan pendidikan di Indonesia. “Merdeka Belajar” adalah kebijakan dari Kemendikbudristek yang bertujuan untuk mentransformasi pendidikan demi menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dengan profil pelajar Pancasila.

Logo Hardiknas tahun ini adalah bintang dengan perpaduan warna biru, hijau, dan kuning, yang melambangkan semangat adaptif dan tangguh menghadapi perubahan zaman. Bintang tersebut menggambarkan visi dan misi pemerintah untuk melahirkan generasi Indonesia yang cerdas berkarakter. Keceriaan yang tergambar dalam logo mencerminkan suasana pendidikan di Indonesia yang menggembirakan, penuh antusiasme, dan gotong royong.

Dengan tema “Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar”, kita diingatkan bahwa pendidikan adalah tanggung jawab bersama. Mari kita gunakan momentum Hardiknas ini untuk berkomitmen pada peningkatan kualitas pendidikan dan pembelajaran yang merdeka, sehingga dapat menciptakan generasi penerus bangsa yang cerdas, berkarakter, dan siap menghadapi tantangan masa depan.

Pendidikan bukan hanya untuk mendapatkan gelar, tetapi juga untuk membentuk moral. Di Hari Pendidikan Nasional ini, mari kita rayakan semangat belajar yang tak pernah padam dan dedikasi para pendidik yang tak kenal lelah.

Selamat Hari Pendidikan Nasional 2024!

Leave a reply

10 + 10 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.