Hari Kebahagiaan Internasional: ‘Konektivitas dan Kebahagiaan Bersama’

By Wadi Niki In Berita

Hari Kebahagiaan Internasional adalah sebuah hari yang ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk mengakui pentingnya kebahagiaan dalam kehidupan manusia. Pada tahun 2024, perayaan ini jatuh pada tanggal 20 Maret. Kebahagiaan bukan hanya sekadar perasaan senang atau kesenangan sesaat. Ia melibatkan kesejahteraan fisik, mental, dan sosial. Tahun ini, tema yang diusung adalah “Happier Together”, mengingatkan kita semua bahwa kebahagiaan yang sejati berasal dari koneksi dengan sesama dan menjadi bagian dari sesuatu yang lebih besar.

Hari Kebahagiaan Internasional juga menekankan pentingnya kebahagiaan sebagai hak asasi manusia dan tujuan yang universal. Ini adalah kesempatan untuk mengingat bahwa setiap orang, terlepas dari latar belakang atau keadaan mereka, berhak untuk mencari dan merasakan kebahagiaan. Sebagai entitas dari komunitas global, kita diingatkan untuk tidak hanya mengejar kebahagiaan pribadi, tetapi juga untuk bekerja sama dalam menciptakan dunia yang lebih bahagia dan lebih baik. Melalui solidaritas, empati, dan tindakan positif, kita dapat membuat perbedaan yang signifikan dalam kehidupan orang lain dan secara kolektif, dalam masyarakat kita.

Adapun beberapa refleksi tentang kebahagiaan antara lain yaitu:

  1. Kesejahteraan Fisik: Kesehatan tubuh adalah fondasi kebahagiaan. Olahraga, pola makan seimbang, dan istirahat yang cukup membantu kita meraih kesejahteraan fisik.
  2. Kesejahteraan Mental: Mengelola stres, mengembangkan ketahanan mental, dan berlatih rasa syukur adalah kunci kebahagiaan. Terlibat dalam aktivitas yang kita nikmati juga memperkuat kesejahteraan mental.
  3. Hubungan Sosial: Interaksi dengan orang lain memberikan kebahagiaan. Keluarga, teman, dan komunitas memainkan peran penting dalam memperkaya hidup kita.
  4. Makna dan Tujuan: Menemukan makna dalam hidup dan memiliki tujuan yang memberi arti adalah sumber kebahagiaan yang mendalam.
  5. Kebahagiaan Berkelanjutan: Kebahagiaan bukan momen singkat, melainkan perjalanan. Menciptakan kebiasaan positif dan menghargai momen kecil membantu kita menjalani kehidupan yang lebih bahagia.

Pada Hari Kebahagiaan Internasional, mari refleksikan bagaimana kita dapat berkontribusi pada kebahagiaan diri sendiri dan orang lain. Jadikan momen ini sebagai panggilan untuk bertindak, berbagi kebaikan, dan menciptakan dunia yang lebih bahagia bagi semua.

Leave a reply

one × 2 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.