Hari Oeang Republik Indonesia: 77 Tahun Mata Uang Indonesia

By Wadi Niki In Berita

Cess, ki tau ji kalau hari ini, 30 Oktober 77 tahun lalu, adalah hari pertama berlakunya Oeang Republik Indonesia (ORI) sebagai alat pembayaran yang sah di Indonesia. Tepatnya pada tanggal 30 Oktober 1946 pukul 00.00 berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan tanggal 29 Oktober 1946.

Sebenarnya, peluncuran ORI sudah dilakukan tepat 2 bulan setelah kemerdekaan yaitu pada 17 Oktober 1945. Namun, peredarannya masih terbatas karena adanya ancaman dari pihak Belanda atas peredaran ORI. Tujuan ORI diterbitkan untuk menggantikan mata uang yang sebelumnya diterbitkan oleh Pemerintah Belanda dan Jepang. Jadi, Oeang Republik Indonesia (ORI) adalah mata uang pertama yang dimiliki Republik Indonesia setelah merdeka, sekaligus cikal bakal mata uang Rupiah yang kita kenal sekarang.

Pada Hari Uang Indonesia, kita juga harus mempertimbangkan peran nilai tukar dan inflasi dalam kehidupan kita. Kedua hal ini memiliki dampak langsung pada daya beli uang kita. Memahami bagaimana perubahan nilai tukar dan inflasi memengaruhi perekonomian adalah penting untuk pengelolaan keuangan pribadi dan nasional.

Pada kesempatan ini juga menjadi momen untuk mempromosikan pendidikan keuangan. Meningkatkan pemahaman masyarakat tentang bagaimana mengelola uang, investasi, dan menghindari utang yang berlebihan adalah langkah penting menuju stabilitas keuangan dan kesejahteraan pribadi.

Di tengah perkembangan teknologi dan tren globalisasi, uang juga menghadapi tantangan baru. Uang digital, blockchain, dan mata uang kripto semakin memengaruhi cara kita bertransaksi. Hari Uang Indonesia adalah saat yang tepat untuk merenungkan bagaimana kita dapat memanfaatkan perubahan ini untuk kebaikan ekonomi kita.

Sebagai kesimpulan, Hari Uang Indonesia adalah lebih dari sekadar peringatan; itu adalah kesempatan untuk merenungkan peran uang dalam hidup kita, memahami sejarah ekonomi Indonesia, dan mempersiapkan diri untuk tantangan masa depan. Semoga pada setiap Hari Uang Indonesia, kita semakin bijaksana dalam mengelola keuangan pribadi, memahami ekonomi nasional, dan menciptakan masa depan yang lebih sejahtera.

#HariOeangRepublikIndonesia

#UangIndonesia

#SejarahUangIndonesia

#HuadiBantaeng

#HuadiIndonesia

#TumbuhBersama

Leave a reply

20 − nine =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.