Huadi Group Kunjungi Laboratorium Unhas

By Wadi Niki In Berita

Kerja Sama Huadi Group dengan Unhas: Pengembangan Artificial Reef dengan Memanfaatkan Bahan Baku Slag

Huadi Group berkunjung pada Laboratorium Teknik Sipil Universitas Hasanuddin, Kamis, 11/01/2023. Kunjungan ini dalam rangka pengembangan pemanfaatan slag nikel milik PT Huadi Nickel-Alloy Indonesia menjadi prototipe yang bermanfaat bagi masyarakat.

Huadi Group bekerja sama Unhas mengembangkan media terumbu karang buatan (rumah ikan) atau artificial reef dengan memanfaatkan slag sebagai bahan baku. Uji coba pemanfaatan slag tersebut dilakukan di 4 (empat) laboratorium milik Universitas Hasanuddin; yaitu Laboratorium Teknik Sipil untuk menguji ketahanan produk serta daya ikat, Laboratorium Kelautan untuk menguji model produk yang cocok serta kesesuaian dengan gelombang, Laboratorium Perikanaan untuk menguji produk sebagai media tanam terumbu karang, dan Laboratorium Kimia untuk menguji kandungan yang disesuaikan dengan keadaan laut (kestabilan material).

Selain untuk artificial reef, uji coba juga dilakukan untuk pembuatan produk paving blok, batako dan tetrapod demi kemajuan pengembangan teknologi serta pemanfaatan slag nikel dari PT Huadi Nickel-Alloy Indonesia.

Hendra selaku koordinator kajian pemanfaatan slag sebagai artificial reef mengatakan bahwa saat ini masih tahap uji beton material slag dan masih ada beberapa tahap untuk melakukan finalisasi produk dan prototipe atau modeling terkait pemanfaatan slag ini.

“Saat ini berada di tahapan uji beton dengan material slag, Setelah uji ini akan dilanjutkan uji kimia dan uji kestabilan material di Laboratorium Kehutanan sehingga jika semuanya telah selesai akan dirangkum dan menghasilkan produk dan modeling terkait pemanfaatan slag” ungkap Hendra.

#Unhas
#UniversitasHasanuddin
#HuadiGroupBantaeng
#HuadiIndonesia
#TumbuhBersama

Leave a reply

three × four =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.