Peringatan Hari AIDS Sedunia: ‘Let Communities Lead’

By Wadi Niki In Berita

Hari AIDS Sedunia diperingati setiap tanggal 1 Desember setiap tahunnya. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian terkait HIV/AIDS. Pada peringatan ini, biasanya banyak yang menggunakan pita merah sebagai simbol peringatannya.

AIDS masih menjadi masalah kesehatan global yang besar. Menurut data dari UNAIDS, ada sekitar 38 juta orang yang hidup dengan HIV di seluruh dunia pada akhir tahun 2019. Namun, dengan dukungan dan kerja sama komunitas, target untuk mengakhiri AIDS pada tahun 2030 masih dapat dicapai.

Pada peringatan Hari AIDS Sedunia 2023, tema yang diusung adalah “Let Communities Lead” atau “Biarkan Masyarakat yang Memimpin“. Tema ini mengedepankan peran penting komunitas dalam menciptakan dunia bebas AIDS. Komunitas menjadi elemen utama dalam gerakan ini, berbagai faktor masih menjadi penghambat utama. Beberapa faktor yang menjadi penghambat, di antaranya adalah, dana yang masih belum mencukupi, berbagai kebijakan dan peraturan yang masih menghambat, keterbatasan kapasitas dari berbagai pihak.

Selain itu, berbagai kekerasan dan diskriminasi terhadap sejumlah komunitas yang terpinggirkan, masih menjadi penghalang dari pencegahan dan pengobatan HIV. Oleh karena itu, Hari AIDS Sedunia ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, termasuk berbagai pihak agar berbagai hambatan itu dapat dieliminir. Sehingga, dapat menjadi mendorong terhadap berbagai aksi penanggulangan HIV/AIDS secara global.

Dalam melakukan upaya pencegahan dan pengobatan HIV/AIDS, seluruh pihak harus bekerja sama untuk menciptakan lingkungan yang mendukung dan inklusif bagi seluruh masyarakat. Semoga peringatan Hari AIDS Sedunia 2023 dapat menjadi momentum untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan memperkuat komunitas dalam memerangi HIV/AIDS.

#WorldAidsDay
#HariAidsSedunia
#HuadiPeduli
#HuadiIndonesia
#HuadiGroupBantaeng
#TumbuhBersama

Leave a reply

four × 5 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.