PJ Gubernur Sulsel Akui Potensi Ekonomi Huadi Group

By Wadi Niki In Berita

17

Oct
2023

Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Bahtiar Baharuddin menyebut smelter Huadi Group di Kabupaten Bantaeng punya potensi ekonomi cukup besar jika mendapat dukungan dalam berbahai hal. Bahtiar menekankan bahwa Huadi Group harus mendapat dukungan dalam berbagai hal karena produk perusahaan tersebut diekspor ke berbagai negara. Sehingga menopang pembangunan ekonomi dalam negeri.

“Karena ditopang oleh ekonomi ekspor, bagaimana pun kita tapi masih solid dengan teman-teman pelaku usaha. Jadi kalau mau maju secara ekonomi harus ada industri,” jelas Bahtiar.

Sejak beroperasi pada 2019 di Kawasan Industri Bantaeng, Smelter Huadi Group telah memproduksi feronikel dan kini bersiap mengekspor nikel sulfat sebagai bahan baku kendaraan listrik.

Dukungan Bahtiar Baharuddin ini juga tak lepas dari potensi dan kontribusi Huadi yang turut memberi dampak pada realisasi pajak daerah, khususnya pajak air tanah yang mengalami peningkatan cukup pesat dalam dua tahun terakhir di Kabupaten Bantaeng.

Data dari Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Bantaeng, realisasi pajak daerah dari target Rp53,2 miliar lebih, mampu terealisasi Rp52,9 miliar lebih atau mencapai 99,45 persen.

Sementara itu, Direktur PT. Huadi Bantaeng Industry Park (HBIP), Lily D. Candinegara dalam kesempatan lain meyakinkan kehadiran Huadi akan memberikan dampak terhadap masyarakat.

Dia menyebut bahwa ada gerakan ekonomi kerakyatan dari kehadiran Huadi. Pihaknya mendorong dan memberikan pembinaan agar masyarakat setempat mendirikan koperasi yang selanjutnya bisa bekerjasama untuk suplay kebutuhan ribuan karyawan.

“Jadi ada koperasi yang kita inisiasi tapi bukan kita yang bangun, artinya kita dukung bahwa koperasi harusnya ada buat warga yang tidak terakomodir sebagai karyawan di pabrik, karena koperasi ini diolah oleh yang istilahnya mereka juga punya usaha. Akhirnya itu jadi kerjasama kita juga.” ujar dia.

Pendirian koperasi ini kedepannya diharapkan tidak hanya mensuplay Huadi saja tapi juga perusahaan lain.

Leave a reply

4 − three =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.