Selamat Hari Kebebasan Pers Sedunia!

By Wadi Niki In Berita

A Press for the Planet: Journalism in the face of the Environmental Crisis

Hari Kebebasan Pers Sedunia, yang diperingati setiap tanggal 3 Mei, memiliki makna yang mendalam dalam dunia jurnalisme dan kebebasan berekspresi. Tema Hari Kebebasan Pers Sedunia 2024 Pada tahun 2024, Hari Kebebasan Pers Sedunia mengangkat tema “A Press for the Planet: Journalism in the face of the Environmental Crisis” atau dalam bahasa Indonesia, “Pers untuk Planet: Jurnalisme dalam menghadapi Krisis Lingkungan”. Tema ini menyoroti peran penting jurnalisme dalam menghadapi krisis lingkungan global saat ini. Jurnalis berada di garis depan untuk membagikan cerita tentang perubahan iklim, keanekaragaman hayati, dan tantangan lingkungan lainnya.

Makna Hari Kebebasan Pers Sedunia 2024 Hari Kebebasan Pers Sedunia tahun 2024 adalah peringatan ke-31. Krisis iklim dan keanekaragaman hayati tidak hanya berdampak pada lingkungan dan ekosistem, tetapi juga kehidupan miliaran orang di seluruh dunia. Kisah pergolakan dan kehilangan mereka patut untuk diketahui dan dibagikan. Oleh karena itu, peran jurnalis sangatlah penting. Melalui kerja keras mereka, keberanian mereka, dan ketekunan mereka, kita dapat mengetahui apa yang terjadi di seluruh planet ini. Mereka bekerja demi kesehatan planet kita dan perjuangan kita untuk kehidupan yang layak huni.

Sejarah Hari Kebebasan Pers Sedunia Hari Kebebasan Pers Sedunia berawal dari tahun 1991, ketika sekelompok jurnalis Afrika mengajukan banding pada konferensi UNESCO yang diadakan di ibu kota Namibia, Windhoek. Mereka menciptakan “Deklarasi Windhoek,” sebuah dokumen yang dimaksudkan untuk meletakkan dasar bagi pers yang bebas, independen, dan pluralis. Pada tahun 1993, sesi ke-26 Konferensi Umum UNESCO menanggapi seruan para penandatangan Deklarasi Windhoek dan mendirikan Hari Kebebasan Pers Sedunia. Sejak itu, 3 Mei diperingati sebagai Hari Kebebasan Pers Sedunia.

Di Hari Kebebasan Pers, mari merayakan jurnalisme yang bertanggung jawab yang tidak hanya menyampaikan berita, tetapi juga memelihara kebenaran dan keadilan. Jurnalis terbaik adalah mereka yang berhasil mengubah dunia melalui berita yang dihasilkannya.

Selamat Hari Kebebasan Pers Sedunia!

#HariKebebasanPers
#HuadiPeduli
#HuadiIndonesia
#HuadiGroupBantaeng
#TumbuhBersama

Leave a reply

fourteen − one =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.