Selamat Hari Nelayan Indonesia

By Wadi Niki In Berita

Hari Nelayan Nasional pada tanggal 6 April 2024 merupakan penghormatan bagi para nelayan di Indonesia. Hari ini diperingati sebagai bentuk mengapresiasi jasa para nelayan Indonesia dalam upaya pemenuhan kebutuhan protein dan gizi bagi seluruh masyarakat Indonesia. Peran nelayan penyedia protein hewani dari sumber ikan, sebagai perekat hubungan antar daerah, dan sebagai penghasil devisa negara dari sektor perikanan dan kelautan Hal ini sekaligus sebagai bentuk pengingat untuk bersyukur dan memajukan kesejahteraan nelayan.

Pada tahun 1960, pemerintah Indonesia menetapkan Hari Nelayan Nasional sebagai bentuk apresiasi terhadap jasa para nelayan. Sebagai negara kepulauan yang dikelilingi oleh samudera Hindia dan Pasifik, Indonesia memiliki potensi perikanan yang sangat besar. Sebagai negara kepulauan dengan garis pantai terpanjang kedua di dunia, peran nelayan sangat penting dalam perekonomian dan kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia.

Peringatan ini berasal dari perayaan tradisional yang telah dilakukan masyarakat di wilayah pesisir secara turun-temurun. Biasanya, perayaan Hari Nelayan dilakukan dengan tarian tradisional dan pelepasan sajen ke laut dengan harapan agar hasil tangkapan nelayan semakin meningkat.

Ini juga menjadi momen untuk mengingatkan pentingnya pendidikan bagi nelayan tentang metode penangkapan ikan yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. Semangat para nelayan pantang surut, bagaikan ombak yang tak pernah berhenti. Selamat Hari Nelayan Nasional 2024! Jaya Nelayan Indonesia!

#HariNelayan
#HuadiPeduli
#HuadiGrupBantaeng
#HuadiIndonesia
#TumbuhBersama

Leave a reply

13 − 12 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.