Selamat Hari Toleransi Internasional

By Wadi Niki In Berita

Sumber: Pinterest.com

Hari Toleransi adalah peringatan tahunan yang ditetapkan oleh PBB pada 16 November untuk mempromosikan penghargaan, pengertian, dan kerjasama antara berbagai budaya, agama, dan etnis. Tujuan dari hari ini adalah untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya toleransi sebagai nilai dasar dalam masyarakat yang damai dan harmonis.

Toleransi bukan berarti menerima atau menyetujui segala perbedaan tanpa kritik. Toleransi berarti menghormati hak dan kebebasan orang lain untuk berbeda pendapat, berkeyakinan, dan berekspresi. Toleransi juga berarti bersikap terbuka dan mau belajar dari orang lain yang berbeda dari kita. Toleransi tidak berarti mengorbankan prinsip-prinsip kita, tetapi berarti mengakui bahwa orang lain juga memiliki hak untuk hidup sesuai dengan prinsip-prinsip mereka.

Toleransi sangat dibutuhkan di dunia yang semakin majemuk dan saling terhubung. Toleransi dapat mencegah dan mengurangi konflik, kekerasan, dan diskriminasi yang disebabkan oleh ketidaktahuan, ketakutan, atau kebencian terhadap perbedaan. Toleransi dapat memperkuat persatuan nasional, kerjasama internasional, dan perdamaian dunia. Toleransi juga dapat meningkatkan kreativitas, inovasi, dan kemajuan dengan memanfaatkan kekayaan dan keberagaman budaya.

Untuk mewujudkan toleransi, kita perlu melakukan beberapa hal, antara lain:

  • Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman kita tentang budaya, agama, dan etnis lain melalui pendidikan, media, dan dialog.
  • Menghargai dan menghormati perbedaan sebagai bagian dari keindahan dan kekayaan kemanusiaan.
  • Menjaga sikap terbuka dan bersedia untuk belajar dari orang lain yang berbeda dari kita.
  • Menyuarakan dan menentang segala bentuk intoleransi, diskriminasi, dan kekerasan yang dilakukan terhadap orang lain karena perbedaan mereka.
  • Membangun jaringan dan kemitraan dengan individu, kelompok, dan organisasi yang berkomitmen untuk mendorong toleransi dan perdamaian.

Hari Toleransi adalah kesempatan bagi kita semua untuk merenungkan makna dan manfaat toleransi bagi kesejahteraan umat manusia. Mari kita rayakan hari ini dengan mengambil langkah-langkah konkret untuk meningkatkan toleransi di dalam diri kita, keluarga kita, komunitas kita, negara kita, dan dunia kita.

#HariToleransi
#Toleransi
#HuadiBantaeng
#HuadiIndonesia
#TumbuhBersama

Leave a reply

11 − ten =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.