Selamat Hari Waisak

By Wadi Niki In Berita

Hari Waisak, yang jatuh pada tanggal 23 Mei 2024, merupakan momen yang sangat penting bagi umat Buddha di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Pada hari yang suci ini, umat Buddha memperingati tiga peristiwa penting dalam kehidupan Siddharta Gautama, yaitu kelahiran, pencerahan, dan Parinibbana (wafatnya) Sang Buddha.

Tema Hari Waisak tahun 2024 adalah “Kesadaran Keberagaman Jalan Hidup Luhur, Harmonis dan Bahagia”. Tema ini mengajak kita semua untuk merenungkan pentingnya kesadaran akan keberagaman sebagai jalan menuju kehidupan yang lebih luhur dan bahagia. Pesan ini sangat relevan, terutama di tengah keberagaman sosial dan budaya yang kaya di Indonesia.

Perayaan Waisak tidak hanya sekedar upacara, tetapi juga merupakan waktu untuk refleksi diri dan penghormatan terhadap ajaran Sang Buddha. Umat Buddha di Indonesia biasanya melakukan ziarah ke Candi Borobudur, yang merupakan situs warisan dunia UNESCO dan candi Buddha terbesar di dunia. Di sana, mereka melakukan doa bersama, prosesi, dan persembahan kepada patung atau stupa Buddha. Selain itu, ada juga kegiatan pelepasan hewan dari penangkapan, seperti burung dan ikan, sebagai simbol kasih sayang. Para biksu dan umat Buddha juga mengikuti Prosesi Mangkok Pengemis, berjalan dari satu rumah ke rumah lain untuk meminta sumbangan makanan. Hari tersebut diakhiri dengan prosesi penerangan lilin dan penegasan kembali komitmen terhadap ajaran Buddha.

Hari Waisak juga menjadi kesempatan untuk mengembangkan sifat-sifat baik yang diwarisi dari leluhur dan merenungkan ajaran Buddha. Ini adalah saat untuk memperkuat keyakinan yang benar melalui tekad, dan meningkatkan kesadaran yang diajarkan oleh Sang Buddha. Dengan demikian, Hari Waisak bukan hanya perayaan, tetapi juga momentum untuk introspeksi dan menerapkan nilai-nilai mulia Tiratana: Buddha, Dharma, dan Sangha, dalam kehidupan sehari-hari. Ini adalah hari untuk mengingat bahwa kebahagiaan tidak akan berkurang dengan dibagikan, seperti ribuan lilin yang dapat dinyalakan dari satu lilin, dan kehidupan lilin tidak akan dipersingkat

Selamat Hari Raya Waisak! Semoga kehidupan kita penuh keharmonisan dan kasih sayang.

Leave a reply

twelve + 20 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.