Selamat Memperingati Hari Paskah

By Wadi Niki In Berita

Hari Paskah adalah perayaan terpenting dalam tahun liturgi gerejawi Kristen. Bagi umat Kristen, Paskah identik dengan Yesus Kristus, yang oleh Paulus disebut sebagai “anak domba Paskah.” Hingga saat ini, jemaat Kristen percaya bahwa Yesus disalibkan, mati, dan dikuburkan pada hari Jumat sore, dan pada hari yang ketiga bangkit dari antara orang mati di hari Minggu pagi. Paskah merayakan hari kebangkitan tersebut dan merupakan perayaan yang terpenting karena memperingati peristiwa yang paling sakral dalam hidup Yesus, seperti yang tercatat di dalam keempat Injil di Perjanjian Baru. Perayaan ini juga dinamakan Minggu Paskah, Hari Kebangkitan, atau Minggu Kebangkitan.

Paskah juga merujuk pada masa di dalam kalender gereja yang disebut masa Paskah, yaitu masa yang dirayakan dulu selama empat puluh hari sejak Minggu Paskah (puncak dari Pekan Suci) hingga hari Kenaikan Yesus. Namun sekarang masa tersebut diperpanjang hingga lima puluh hari, yaitu sampai dengan hari Pentakosta (yang artinya “hari kelima puluh” – hari ke-50 setelah Paskah, terjadi peristiwa turunnya Roh Kudus). Minggu pertama di dalam masa Paskah dinamakan Oktaf Paskah oleh Gereja Katolik Roma. Hari Paskah juga mengakhiri perayaan Pra-Paskah yang dimulai sejak empat puluh hari sebelum Kamis Putih, yaitu masa-masa berdoa, penyesalan, dan persiapan berkabung.

Paskah merupakan salah satu hari raya yang berubah-ubah tanggalnya karena disesuaikan dengan hari tertentu (dalam hal ini hari Minggu), bukan tanggal tertentu di dalam kalender sipil. Oleh karena itu, setiap tahunnya Hari Paskah jatuh di tanggal yang berbeda.

Semoga kesucian dan kebahagiaan yang kita rasakan di hari Paskah ini membawa pengharapan baru, berkah, dan cinta yang tiada henti. Mari kita jadikan hari Paskah di bulan ramadan ini sebagai momentum untuk saling menghormati, berbagi, dan bahu-membahu untuk membangun Indonesia yang lebih toleran dan damai.

Leave a reply

4 − two =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.