World Religion Day: ‘Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika’

By Wadi Niki In Berita

World Religion Day atau Hari Agama Sedunia adalah perayaan tahunan yang bertujuan untuk mempromosikan pemahaman dan rasa hormat antar agama yang berbeda. Ini adalah hari di mana kita merayakan keragaman agama dan keyakinan, serta menghargai kontribusi yang dibuat oleh semua agama terhadap masyarakat global.

Secara etimologi, agama berasal dari bahasa Sansekerta, bahasa Hindu Kuno, yang berkonotasi sebagai peraturan, kepercayaan, haluan, dan jalan. Namun, definisi agama yang komprehensif dan jelas yang mencakup semua aspek sangat sulit untuk ditentukan. Meski begitu, pada dasarnya agama di seluruh dunia dapat dibagi menjadi dua kelompok. Pertama adalah agama duniawi, yang merupakan kebudayaan yang dibentuk pikiran manusia. Kedua adalah agama samawi, atau wahyu yang berasal dari Allah SWT. Dengan begitu, bisa dikatakan agama dapat digambarkan sebagai suatu sistem hubungan antara manusia dan Tuhan.

Sejarah singkat Perayaan Hari Agama Sedunia dicanangkan di tanggal 21 Januari, perayaan resmi pertama kali diinisiasi oleh Majelis Rohani Nasional Agama Bahá’í di Portland, Maine, pada Oktober 1947. Pada awalnya, acara ini dikenal sebagai “World Peace Through World Religion” dan berkembang pesat hingga pada tahun 1950 dan diresmikan sebagai Hari Agama Sedunia.

Pokok pemikiran tentang keberagaman agama juga telah hadir di masa kemerdekaan Indonesia. Semboyan Bhinneka Tunggal Ika menjadi tanda bahwa bangsa Indonesia menerima terhadap setiap perbedaan dan keberagaman yang ada.

Di Indonesia, kita punya banyak agama dan kepercayaan yang hidup berdampingan secara harmonis. Kita punya Pancasila sebagai dasar negara, yang menjamin kebebasan beragama bagi semua warga negara. Kita punya Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara, yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu.

Hari Agama Sedunia memiliki peran penting dalam memperkuat toleransi antaragama. Mari kita jaga kerukunan dan kedamaian antar umat beragama di Indonesia dan juga bersyukur atas keberagaman yang menjadi kekayaan bangsa kita.

Selamat Hari Agama Sedunia. Semoga kita semua selalu diberkahi dengan kasih sayang dan rahmat Tuhan Yang Maha Esa.

#HariAgamaSedunia
#HuadiPeduli
#HuadiIndonesia
#HuadiGroup
#TumbuhBersama

Leave a reply

20 − eleven =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.