World Wildlife Day: ‘Connecting People and Planet: Exploring Digital Innovation in Wildlife Conservation’

By Wadi Niki In Berita

Hari Satwa Liar Sedunia atau World Wildlife Day diperingati setiap tahun pada tanggal 3 Maret. Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan manfaat yang diberikan oleh satwa dan tumbuhan liar di dunia bagi kehidupan manusia dan kesehatan planet bumi.

Peringatan Hari Satwa Liar Sedunia berawal pada tanggal 20 Desember 2013. Pada sesi ke-68, Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNGA) menetapkan tanggal 3 Maret sebagai Hari Satwa Liar Sedunia. Tanggal ini dipilih berdasarkan hari pengesahan Konvensi Perdagangan Internasional Spesies Fauna dan Flora Liar yang Terancam Punah (CITES) pada tahun 1973. Konvensi ini merupakan perjanjian internasional antara pemerintah untuk memastikan bahwa perdagangan internasional spesimen hewan dan tumbuhan liar tidak mengancam kelangsungan hidup spesies tersebut. Sesuai dengan konvensi tersebut, badan-badan PBB, organisasi sektor swasta, filantropi, dan organisasi non-pemerintah terus bekerja untuk konservasi, penggunaan satwa liar yang berkelanjutan, serta dalam memerangi perdagangan ilegal dan menipisnya populasi satwa liar.

Tema Hari Satwa Liar Sedunia 2024 adalah “Connecting People and Planet: Exploring Digital Innovation in Wildlife Conservation” atau “Menghubungkan Manusia dan Planet: Menjelajahi Inovasi Digital dalam Konservasi Satwa Liar”. Peringatan tahun ini berfokus pada inovasi digital dan menekankan bagaimana teknologi dan layanan konservasi digital dapat mendorong konservasi satwa liar, perdagangan satwa liar yang berkelanjutan dan legal, serta koeksistensi manusia dan satwa liar. Acara ini juga berfungsi sebagai platform untuk pertukaran lintas generasi dan pemberdayaan kaum muda. Melalui seni, presentasi, dan diskusi, kita dapat menjelajahi peluang konservasi satwa liar secara digital yang berkelanjutan.

Bersama, kita dapat membangun masa depan yang lebih baik bagi satwa liar dan manusia!

#WorldWildlifeDay
#HuadiPeduli
#HuadiGroupBantaeng
#HuadiIndonesia
#TumbuhBersama

Leave a reply

19 + three =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.